Syarat dan Ketentuan Restrukturisasi

SYARAT DAN KETENTUAN PERMOHONAN RESTRUKTURISASI

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan mengatur mengenai Permohonan Restrukturisasi Kredit/Pembiayaan di PT. Sinar Mas Multifinance ("SMMF"). Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena berdampak hukum terhadap Hak dan Kewajiban pengguna.

Dengan mengajukan Permohonan Restrukturisasi di SMMF, maka Debitur dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Formulir Permohonan Restrukturisasi. Syarat dan ketentuan ini adalah bentuk penilaian SMMF dalam rangka menolak/menerima Restrukturisasi dengan berdasarkan ketentuan POJK Nomor 11/POJK.03/2020 dan Petunjuk Pelaksanaan Restrukturisasi dari APPI.

A. Pengajuan permohonan restrukturisasi kredit/pembiayaan di SMMF wajib memenuhi Syarat dan Ketentuan sebagai berikut :

  1. Bahwa jenis restrukturisasi yang diberikan SMMF kepada Debitur berupa Perpanjangan Jangka Waktu Kredit/Pembiayaan dalam periode waktu maksimal 1 Tahun (12 Bulan) dan/atau Penurunan Suku Bunga;
  2. Bahwa Debitur terkena dampak langsung Covid-19 dengan nilai kredit/pembiayaan di bawah Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah);
  3. Bahwa Debitur merupakan pekerja informal dan/atau pengusaha UMKM;
  4. Bahwa Debitur tidak memiliki tunggakan sebelum Tanggal 02 Maret 2020 di SMMF;
  5. Bahwa Debitur memegang unit kendaraan/jaminan dan tidak mengalihkannya kepada pihak lain.
  6. Bahwa pemohon restrukturisasi adalah Debitur berdasarkan Perjanjian Pembiayaan dan tidak dapat diwakilkan oleh pihak manapun;

B. Apabila pengajuan permohonan restrukturisasi kredit/pembiayaan tidak memenuhi syarat dan ketentuan diatas, maka SMMF berhak menolak permohonan restrukturisasi kredit/pembiayaan dari Debitur.

C. Bahwa pengajuan permohonan restrukturisasi kredit/pembiayaan yang telah disetujui oleh SMMF, maka Debitur berkewajiban melakukan pembayaran dengan penuh tanggung jawab sesuai Perjanjian Restrukturisasi yang telah disepakati bersama.

D. Bahwa Formulir Permohonan Restrukturisasi, Syarat dan Ketentuan dan Perjanjian Restrukturisasi serta seluruh dokumen yang menjadi satu kesatuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan perundang undangan termasuk Ketentuan dalam POJK  Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 dan Petunjuk Pelaksanaan Restrukturisasi dari APPI.

Jika sudah sesuai, klik

AJUKAN